Minggu, 13 Februari 2011

UNSOED AKAN SELENGGARAKAN NAPAK TILAS JEJAK PEJUANG

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 66 tanggal 17 Agustus 2011 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) akan menggelar Napak Tilas Jejak Pejuang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan mahasiswa akan pentingnya memelihara nilai-nilai perjuangan para pahlawan sekaligus sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat Banyumas yang telah berperan dalam pendirian Universitas Jenderal Soedirman.

Napak Tilas Jejak Pejuang ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak pejuang jaman dulu dengan menempuh jarak berkilo-kilo meter yang seolah-olah seperti melakukan gerilya untuk memerangi penjajah.
SATRIJO WIDI PURBOYO selaku Ketua Panitia Napak Tilas ketika berbincang dengan Humas Unsoed mengatakan bahwa melalui kegiatan Napak Tilas Jejak Pejuang ini, dimaksudkan untuk mengingatkan kembali para generasi muda dan masyarakat khususnya mahasiswa agar menghargai semangat para pejuang dalam membela bangsa demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Lebih lanjut Pak WIDI panggilan akrab Satrijo Widi Purboyo menjelaskan bahwa dengan melalui kegiatan Napak Tilas Jejak Pejuang ini, nantinya diharapkan akan terpupuk perasaan kebangsaan dan penghormatan yang tinggi terhadap pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang membangun dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai titik darah yang penghabisan. Dengan kegiatan seperti ini dapat terbentuk sikap mental para mahasiswa, dalam rangka membangun karakter dan jati diri bangsa. 
 
Oleh karena tambah pak Widi, "Mahasiswa diharapkan tidak hanya giat menuntut ilmu dan mengasah otak di bidang ilmu yang ditekuni saja, tetapi juga perlu membangun karakter dan jati dirinya sehingga sebagai generasi penerus bangsa nantinya akan mampu menjadi teladan bagi kaum muda untuk menjadi patrriot dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan kebangsaan”. 
 
Napak Tilas Jejak Pejuang akan diselenggarakan selama 3 hari yaitu tanggal 24, 25, dan 26 Juni 2011 mendatang dengan mengambil route sebagai berikut : Hari pertama, peserta berkumpul di kampus UNSOED untuk mengikuti Upacara Pembukaan dan Kuliah Umum, setelah selesai kemudian peserta diangkut ke Base Camp I di Desa Bodas Karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, hari kedua start dari Desa Bodas  (Base Camp I) menuju Desa Metenggeng, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga (Base Camp II). Hari ketiga start dari Desa Metenggeng (Base Camp II) menuju Kampus Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan.

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pejuang diharapkan akan diikuti oleh kurang-lebih 500 orang yang terdiri dari beberapa komponen seperti : Mahasiswa/mahasiswi 30 Perguruan Tinggi se Jawa (setiap PT diharapkan mengirimkan 5 orang mahasiswa dan 5 orang mahasiswi) ; Taruna/Taruni Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut dan Akademi Polisi (setiap Akademi diharapkan mengirimkan 10 orang Taruna/Taruni) : Mahasiswa/mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman (setiap fakultas diharapkan mengirimkan 5 orang mahasiswa dan 5 orang mahasiswi) ; Unit-unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Universitas Jenderal Soedirman (MENWA, Pramuka, Pandu Lingkungan), diharapkan setiap UKM mengirimkan 5 orang mahasiswa dan 5 orang mahasiswi.

1 komentar:

  1. "What is the significance of Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) organizing a 'Napak Tilas Jejak Pejuang' event?" greeting : https://telkomuniversity.ac.id/icodsa-2023-data-menjadi-bahan-bakar-dalam-inovasi-teknologi/

    BalasHapus