Minggu, 13 Februari 2011

DUA MAHASISWA UNSOED MENDAPAT BEASISWA IELSP KE AMERIKA SERIKAT

Dua mahasiswa Unsoed, Witro C. Napitupulu dan Rizma Dhuhanti A. lolos seleksi beasiswa pertukaran pemuda dan segera berangkat ke Amerika Serikat.  Program beasiswa Indonesia English Language Study Program (IELSP) ini merupakan salah satu program beasiswa yang disponsori oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat dan dirancang serta dilaksanakan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) yang bekerja sama dengan The Institute of International Education (IIE) yang berpusat di New York, Amerika Serikat.  Selama 8 (delapan) Minggu Witro C. Napitupulu akan ditempatkan di Iowa State University dari tanggal 25 Februari 2011 – 23 April 2011, sedangkan Rizma Dhuhanti A. akan ditempatkan di Arizona State University dari tanggal 18 Maret 2011 - 14 Mei 2011

Dalam program beasiswa ini, penerima beasiswa mengikuti program pelatihan bahasa Inggris intensif selama 8 (delapan) minggu di universitas-universitas di Amerika Serikat yang telah ditunjuk oleh IIE. Program pelatihan bahasa Inggris intensif tersebut berdurasi paling sedikit 20 jam pada setiap minggunya. Dalam kegiatan sehari-harinya penerima beasiswa belajar bersama-sama dengan mahasiswa dari berbagai bangsa dan negara yang tergabung dalam kelas international (immersion).

Selain program pelatihan bahasa Inggris intensif, penerima beasiswa juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya (sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh universitas tempat penerima beasiswa belajar). Pada program kultural ini, peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan kebudayaan dari negara masing-masing. Dengan kata lain, selain belajar peserta penerima beasiswa juga menjadi duta bangsa dari Indonesia.

3 komentar: