Minggu, 13 Februari 2011

PENJAJAKAN KERJASAMA UNSOED - PEMERINTAH RUSIA

“saya sungguh bertemu dengan orang-orang yang sangat baik sejak pertama kali menginjakkan kaki saya turun dari kereta”. (Yurii Nikolaevich Zozulya)

Purwokerto, Kamis, 13 Januari 2011, Mewakili Rektor Unsoed, Pembantu Rektor IV, Ir. Budi Rustomo, M.Rur.Sc.,Ph.D menyambut kedatangan Direktur Pusat Studi Kebudayaan Rusia, Yurii Nikolaevich Zozulya di Ruang Rapat Senat, Gedung Rektorat Lantai 2 Universitas Jenderal Soedirman.  Mr. Yurii disambut pula oleh Direktur Kantor Alumni dan Hubungan Internasional Unsoed, Ir. Agus Margiwiyatno, M.S,Ph.D.  Hadir pula dalam acara ini Prof. Rubijanto Misman, Prof. Kamio, Ketua LP3K, Ketua Program Pascasarjana, Para Dekan, dan Para Kajur se-Unsoed.

Ir. Agus Margiwiyatno, M.S.,Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan mengetahui tentang pendidikan dan budaya Rusia dari presentasi Mr. Yurii, maka diharapkan akan terjadi pengertian diantara dua negara dengan membangun kerjasama di bidang penelitian dan pendidikan.  

Pembantu Rektor IV, Ir. Budi Rustomo, M.Rur.Sc.,Ph.D pada kesempatan yang sama menyampaikan kepada Mr. Yurii tentang keindahan dan strategisnya posisi Unsoed untuk pendidikan dan penelitian.  Unsoed bahkan masuk menjadi salah satu dari 50 Perguruan Tinggi yang memiliki peluang menjadi World Class University sebagaimana data yang direlease oleh Dirjen Dikti.  Oleh karena itu PR IV berharap agar Mr. Yurii dapat menyampaikan tentang keadaan dan potensi Unsoed agar ke depan bisa melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan maupun penelitian dengan Perguruan Tinggi di Rusia.  PR IV juga terkesan dengan cepatnya Mr. Yurii mengenal bahasa Banyumas, yaitu salah satunya setelah agenda makan siang di salah satu rumah makan di Baturaden, tiba-tiba Mr. Yurii mengatakan “Budi, I am wareg..”.

Mr. Yurii Nikolaevich Zozulya mempresentasikan tentang Rusia secara Umum, tapi sebelum itu, Mr. Yurii mengungkapkan kesannya yang mendalam atas keramahan Unsoed dengan mengatakan “saya sungguh bertemu dengan orang-orang yang sangat baik sejak pertama kali menginjakkan kaki saya turun dari kereta”.  Rusia, yang oleh Mr. Yurii disebut sebagai negara yang memiliki daratan terluas dan membentang dari eropa hingga asia, memiliki luas lebih dari 17 juta km2 dengan penduduk lebih dari 145 juta jiwa dan berbatasan dengan 3 samudera.  Presentasi menjadi semakin menarik ketika Mr. Yurii memaparkan tentang budaya Rusia yang multikultural mirip dengan kondisi Indonesia.  Di Rusia, kata Mr.Yurii memiliki beragam budaya, yang terbesar adalah budaya gereja ortodok, ada pula budaya tatar yang Islam, Slavia yang ortodoks, juga ada Buryat yang nomaden.  

Mengenai pendidikan Mr. Yurii mempresentasikan tentang pendidikan di Rusia secara umum diantaranya yaitu dengan sistem paket, tidak dengan sistem semester seperti di Indonesia.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar